PT. Samudera Biru Line menyadari sepenuhnya bahwa sebagai sebuah Perusahaan yang kuat harus memiliki daya saing tinggi, mampu menciptakan kreativitas dan inovasi yang dihasilkan melalui landasan yang kokoh.
Landasan kokoh itu adalah BUDAYA PERUSAHAAN yang bertindak sebagai gambaran nyata yang mampu memberikan dampak pada intern dan ekstern perusahaan.
Budaya perusahaan merupakan nilai-nilai yang dianut PT. Samudera Biru Line dan cara bertindak dalam perusahaan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pihak dalam maupun luar perusahaan.
Budaya perusahaan merupakan nilai dan falsafah yang diyakini dapat menjadi landasan dan acuan bagi perseroan untuk mencapai tujuan. Untuk itu, PT. Samudera Biru Line telah menyusun budaya perusahaan yang berbasiskan Budaya dan Kearifan Luhur Nusantara yang tertuang dalam nilai-nilai perusahaan, yaitu :
- Spiritual Company;
- Achievement Orientation;
- Business Ilahiyah Management;
- Integrated Support Solutions;
- Long Term Excelent Service.
Budaya Perusahaan tersebut disingkat SABIL yang diharapkan tercermin dalam perilaku sehari-hari seluruh jajaran di PT. Samudera Biru Line demi tercapainya cita-cita dan tujuan perusahaan yang bergabung dalam Samudera Group.
SPIRITUAL COMPANY. Spiritual company adalah suatu konsep di mana perusahaan menerapkan nilai-nilai spiritual dalam menjalankan usahanya. Dalam hal ini, peran Allah diikutsertakan dalam kehidupan berbisnis. Spiritual company itu menjadikan Allah sebagai best strategic partner.
Konsep Spiritual Company lahir melalui proses hidup dan berkembang untuk menjadi lebih baik, dan secara naluriah konsep spiritualitas adalah puncak kesadaran dari umat manusia dan juga perusahaan, yang selama ini sudah penuh dijejali dengan konsep-konsep manajemen barat yang Kapitalis, sehingga kurang cocok dengan nurani kita yang Berbudaya Nusantara.
ACHIEVEMENT ORIENTATION. Orientasi untuk berprestasi. Kemampuan untuk dengan baik dan berusaha melampaui standar atau target yang telah ditetapkan, fokus pada hasil, dan terus menerus berpikir dan bekerja untuk meraih keunggulan.
BUSINESS ILAHIYAH MANAGEMENT. Perusahaan bertujuan bukan hanya memperoleh keuntungan finansial, namun yang lebih utama adalah menjemput barokah dari Langit. Karena itu, PT. Samudera Biru Line menerapkan pendekatan manajemen berbasiskan nilai-nilai Langit (Ilahiyah).
PT. Samudera Biru Line mengembangkan spiritualitas manajemen yang bertumpu pada aturan syar’i dan nilai-nilai Ilahiyah yang dipraktikkan Sang Pencipta dan Pemelihara Dunia dalam mengelola alam semesta. Konsep manajemen Ilahiyah dijadikan sebagai acuan untuk mengejawantahkan ajaran Islam sebagai pendekatan spiritual dalam praktik bisnis.
INTEGRATED SUPPORT SOLUTIONS. Dukungan logistik terpadu, Integrated logistic support (ILS) adalah proses terpadu dan berulang untuk mengembangkan materi dan strategi dukungan yang mengoptimalkan dukungan fungsional, memanfaatkan sumber daya yang ada, dan memandu proses rekayasa sistem untuk menghitung dan menurunkan biaya siklus hidup dan mengurangi jejak logistik (permintaan logistik ), membuat sistem lebih mudah untuk didukung.
Hal ini dilakukan dalam dukungan produk customer atau organisasi layanan pelanggan. PT. Samudera Biru Line is Dedicated to Customer (Mengutamakan Pengguna)
Yaitu mengutamakan pelayanan dan kepuasan customer atau pemakai jasa dan pelanggan baik internal maupun eksternal.
Perilaku utama : Orientasi pada kecepatan, kemudahan, dan kenyamanan serta Proaktif dan responsif. Secara umum, ILS merencanakan dan mengarahkan identifikasi dan pengembangan dukungan logistik dan persyaratan sistem untuk suatu Perusahaan, dengan tujuan menciptakan sistem yang bertahan lebih lama dan membutuhkan lebih sedikit dukungan, sehingga mengurangi biaya dan meningkatkan pengembalian investasi.
LONG TERM EXCELLENT SERVICE. Seluruh karyawan Samudera Group berkomitmen untuk terus menciptakan nilai tambah dan memberikan layanan prima bagi pengguna jasa dan pelanggan internal dan eksternalnya.
Delivering Excellent Customer Service in the Long-Term Care Environment. Kesemuanya itu mencakup 3 strategi layanan pelanggan jangka panjang yang efektif. Tiga strategi layanan penting ini lebih dari sekadar inisiatif bisnis; itu adalah sikap yang harus tertanam dan diamalkan di seluruh organisasi, yaitu:
- Layanan sebagai produk.
- Pelanggan adalah bos.
- Berusaha cerdas untuk keandalan.
Demikianlah penjabaran Budaya Perusahaan PT. Samudera Biru Line yang merupakan pola perilaku yang menjadikan segenap jajaran terdorong untuk mengikutinya seara sukarela, senang hati, serta menciptakan makna, jatidiri, dan kebersamaan. Sehingga Membentuk Motivasi Karyawan Untuk Berprestasi Unggul.
Karena itulah perlu kita SADARI bersama bahwa BUDAYA bagi PT. Samudera Biru Line bukan hanya sekedar dilaunching dan ditempel di berbagai tempat serta diteriakkan saat ada pertemuan. Budaya perusahaan dalam PT. Samudera Biru Line harus Terinternalisasi dan mendarah daging bagi seluruh karyawan bukan hanya menjadi perilaku sebagian orang saja.
Komentar
Posting Komentar