Jakarta, JENIUSLINE.- Essensi Manajemen Risiko terletak pada memaksimalkan area di mana kita memiliki kontrol atas hasil sementara meminimalkan area di mana kita sama sekali tidak memiliki kendali atas hasil kerja. Karena itulah, kita harus menghindari investasi atau menggarap proyek yang tidak sesuai rencana kerja atau diluar line Bisnis Samudera Group agar tidak terjadi risiko yang tidak kita inginkan bersama.
Sebagaimana Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan kita dalam Sabda Agung Beliau : "Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi." Ada seorang sahabat bertanya; 'bagaimana maksud amanat disia-siakan?' Nabi menjawab; "Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu." (Hadits Bukhari Nomor 6015)
Karena itulah pentingnya semua level BoD dan BoC, manager dan supervisor harus bisa melakukan identifikasi penilaian risiko. Maka, untuk mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan, perlu adanya Job Description yang jelas di seluruh lini perusahaan mulai dari level Board of Director (BoD), Board of Commisioner (BoC), Manager, Supervisor, Karyawan, Captain sampai Crew.
Sehingga masing-masing pihak mengetahui dan memahami tugas, Wewenang dan Tanggung Jawabnya. Sebagaimana hal tersebut dijelaskan dalam Al-Qur'an: "Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya (Skill)masing-masing". Maka Rabb-mu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya." (QS.Al-Isra Ayat 84)
Jadi, kita harus mengelola risiko sebaik mungkin sesuai Petunjuk-Nya Sang Pemberi Risiko yang dibaliknya ada Rezeki. Jangan sampai risiko yang tidak diinginkan terjadi karena ada seseorang yang tidak memahami Tupoksinya, lalu dia mengambil keputusan atau melakukan tindakan yang dapat menimbulkan risiko.
Dalam Upaya meningkatkan Kinerja Bisnis dan Manajemen Samudera Group dan seluruh anak perusahaan yang bergabung di dalamnya, maka Director Safety Corporation and Risk Analysis, Kyai Ageng Khalifahtullah Malikaz Zaman bersama Director Corporate and Business Development, Rahma Juwita Zamri, S.Si telah merumuskan dan menyusun Job Description (Uraian pekerjaan) yang berlaku di Samudera Group.
Job Description adalah suatu catatan yang sistematis tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu, yang didefinisikan berdasarkan fakta-fakta yang ada, sesuai line Bisnis Samudera Group.
Job description Samudera Group merupakan petunjuk dan gambaran jelas sebuah pekerjaan yang sebelumnya telah ditetapkan. Job desc menjelaskan tugas, peran, serta wewenang setiap anggota Board of Director (BoD) dan Board of Commissioners (BoC), para Manajer, Supervisor dan karyawan dalam melaksanakan kewajibannya sebagai pejuang di Samudera Group.
Penyusunan job description adalah satu upaya membangun lingkungan kerja yang teratur dan nyaman untuk semua pihak karena setiap karyawan paham akan tugas-tugas mereka sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Apalagi Samudera Group terdiri dari banyak divisi, tentunya hal ini sangatlah diperlukan.
Insya Allah, Dengan adanya job description maka akan tercipta sebuah kultur perusahaan yang teratur dan nyaman untuk siapapun yang ada di perusahaan. Karyawan akan mampu mengoptimalkan potensinya dan tau batasan dari pekerjaanya, bagi tim HRD sendiri akan sangat mudah untuk membuat evaluasi kinerja karyawan dan bagi perusahaan pasti ini sangat menguntungkan.
Semoga dalam beberapa tulisan mendatang akan kami uraikan Job Description tersebut secara rinci. Bismillah. Untuk pertama kali akan kami jelaskan Job Description Direktur Utama pada Perusahaan-perusahaan yang berada dalam Samudera Group.
Terimakasih telah membaca penjelasan kami semoga tulisan tentang tugas dan tanggung jawab seorang direktur utama perusahaan di atas bisa dijadikan referensi dan tambahan wawasan bagi anda semua, para Board of Director dalam lingkungan Samudera Group bertugas.
Wassalam
Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman
Komentar
Posting Komentar