Jakarta, JENIUSLINE.- Selain intelektual, kesetiaan, loyalitas, kepercayaan, dan kejujuran, komunikasi dalam perusahaan tetap menduduki peringkat pertama yang harus dikembangkan. Pasalnya, Komunikasi merupakan aspek paling penting dalam sebuah kerja sama tim. Apalagi dalam urusan pekerjaan.
Komunikasi sangat dibutuhkan, baik antar karyawan maupun antara karyawan dengan perusahaan. Komunikasi karyawan menjadi kunci berjalannya perusahaan untuk menghasilkan produk yang baik. Komunikasi karyawan harus efektif, artinya kedua belah pihak yang berkomunikasi harus mempunyai makna yang sama tentang pesan yang disampaikan. Sehingga proses pertukaran pesan menghasilkan input yang jelas.
Maka sangat memprihatinkan jika ada Wiraswastawan, Pebisnis, Komisaris, Direktur atau Manajer kerap kali tidak menyadari pentingnya komunikasi di tempat kerja dan tidak menyampaikan ide, tujuan, dan visi perusahaan dengan jelas. Ketika para senior tidak dapat menciptakan lingkungan yang terbuka dan kurang mampu berkomunikasi dengan jelas, maka hal ini memberikan dampak negatif pada budaya kerja dan produktivitas karyawan.
Untuk itu, perlu kita sadari bersama bahwa sebuah interaksi yang bertujuan untuk menyatukan dan mensikronkan seluruh aspek untuk kepentingan bersama sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Dengan kata lain, tanpa adanya sebuah interaksi yang baik niscaya sebuah perusahaan tidak akan mencapai tujuannya. Interaksi disini adalah mutlak meliputi seluruh anggota atau jajaran yang ada dalam perusahaan yang dapat berupa penyampaian-penyampaian informasi, instruksi tugas kerja atau mungkin pembagian tugas kerja.
Karena itulah, pentingnya komunikasi di tempat kerja harus kita sadari bersama. Karena kita bukan Malaikat. Maka perlu kita sadari bahwa dalam sebuah perusahaan terdiri dari banyak orang dengan berbagai latar belakang sosial dan profesional berbeda yang bekerja untuk tujuan yang sama. Untuk itulah mereka perlu berkomunikasi dengan baik agar dapat menjalin kesepahaman dalam bekerja sama.
Saat minimnya proses berbagi informasi antara dua atau lebih individu di dalam suatu perusahaan, maka pemborosan sumber daya akan sering terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, komunikasi yang efektif di tempat kerja harus didorong demi keberhasilan perusahaan secara menyeluruh.
Berikut adalah peran komunikasi dalam suatu organisasi di tempat kerja.
- Menjalin Silaturahmi yang Harmonis dalam Perusahaan;
- Membangun Kesadaran akan Kewajiban, Tugas, Wewenang dan Hak Masing-masing;
- Pekerjaan Dapat Dilakukan dengan Lebih Efektif dan Efisien;
- Meningkatkan produktivitas;
- Menyelesaikan konflik;
- Mengembangkan kualitas karyawan;
- Membentuk hubungan profesional dan lingkungan yang kondusif
Pentingnya komunikasi di tempat kerja dapat diringkas dan disimpulkan menjadi dua kata, yaitu kepuasan kerja. Jika karyawan puas bekerja dalam suatu perusahaan, fakta bahwa masa depan perusahaan benar-benar terjamin tidak akan mampu disanggah.
Untuk itu, marilah kita meningkatkan kemampuan komunikasi (communication skill) kita lebih baik lagi. Sehingga dapat membangun komunikasi dengan lebih arif, bijaksana dan tepat sasaran. Semoga Allah memberi Petunjuk dan Kemudahan kepada kita semua agar bisa berkomunikasi dengan baik dan benar serta bermanfaat.
Marilah kita Berdo'a: "Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî."
Artinya: "Ya Rabb, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS Thâhâ[ 20]: 25-28)
Doa ini setidaknya mengandung tiga permintaan. Pertama, memohon diangkatnya rasa susah yang menyesakkan dada. Kedua, memohon dilenyapkannya berbagai kesulitan. Dan ketiga, memohon kelancaran dalam bertutur kata sehingga mudah diserap dan dipahami para pendengarnya. Good Luck 🙏 (az).
Komentar
Posting Komentar