Jakarta,JENIUSLINE.-
Bismillah, di tahun 2020 ini, Bisnis Event Organizer (EO) semakin
dibutuhkan orang, di mana sejumlah orang dan juga organisasi mapun comany jauh
lebih memilih untuk menggunakan layanan EO untuk berbagai kepentingan acara
yang mereka gelar. Lebih mudah dan praktis, sebab penggunaan EO memungkinkan
pemilik hajad untuk bisa fokus pada hal lainnya selain persiapan acara yang
mereka gelar. Ini akan membuat semakin hari semakin banyak yang memilih untuk
menggunakan layanan EO di dalam acara mereka, terutama acara yang berskala
besar dan membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup rumit.
Demikian
disampaikan, Direktur Utama, PT. Sabila Event Enterprise, Umy Jusmaniar menjawab
pertanyaan wartawan seputar Peluang Bisnis Paling Mantul di Tahun Tahun Tikus
Logam mendatang di kantornya, Hikmah Apartment & Office, Jl. Raya
Sukamantri No. 110, Cikarang, Jawa Barat. “Bisnis Event
Organizer (EO) mencakup
berbagai acara kreatif mulai dari acara musik, seminar, hingga pernikahan. Bisnis
EO akan sangat bermanfaat bagi klien yang ingin mengadakan acara namun dengan
keterbatasan waktu dan sumber daya,” imbuhnya.
Menurut Umy Yusmaniar, Team Kreatif PT. Sabila Event
Enterprise (Sabila Event) siap melayani customer mulai dari merencanakan dan
melaksanakan acara agar dapat berjalan lancer dan sukses. Ide sebuah event
berawal dari sini. Divisi kreatif adalah think tank EO, yang membuat konsep
acara, perincian isi, hingga publikasi. Dari divisi kreatif-lah, segala gagasan
diolah untuk kemudian diterjemahkan kepada divisi-divisi lainnya. Biasanya, tim
kreatif merupakan pegawai permanen, termasuk team leader, yang mengendalikan
dan mengkoordinasikan seluruh pergerakan tim.
“Acaranya
bagus, bintang tamunya oke, panggungnya keren,” Pujian seperti itu kerap kali
muncul setelah kita menyaksikan sebuah pertunjukan. Banyak yang nggak tahu,
suksesnya sebuah pertunjukan atau acara nggak lepas dari kerja keras beberapa
orang kreatif yang tergabung pada sebuah tim. Mereka lebih dikenal dengan
sebutan EO “Event Organizer,” kata Umy.
Untuk itu, Sabila Event telah menyiapkan,
database, network, SDM yang dinamis dan pekerja keras, teamwork spirit,
creativity, imagination dan konsep, keahlian individu yang tepat guna, tidak
gaptek, personal yang baik, inisaitif yang tinggi, jeli, cermat dan peka
terhadap perkembangan. “Insya Allah, orang-orang
di Sabila Event siap tempur dalam menerapkan Do Innovated Or Die, jadi di Sabila Event ini adalah kumpulan
orang-orang kreatif yang penuh inovatif,” ujar Umy Yusmaniar.
Dirut Sabila Event itu menjelaskan bahwa Sajian Andalan
mereka adalah senantiasa memadukan unsur Budaya Luhur Nusantara, Spirtualitas
dan Kemajuan Teknologi dalam setiap penyelenggaraan Event yang diadakan, baik
itu atas permintaan perorangan, organisasi maupun company. Pada dasarnya, kata
Umy, dalam setiap kegiatan
yang diselenggarakan tentu saja bertujuan untuk memperoleh keuntungan di kedua belah pihak, baik penyelenggara
maupun yang hadir pada saat kegiatan berlangsung. Keuntungan ini tidak harus
bersifat material semata namun juga
bisa bersifat non material.
Sehubungan dengan hal
tersebut di atas Umy Yusmaniar memaparkan, sebelum acara diselenggarakan, Sabila
Event senantiasa melakukan pertemuan secara intensif dengan pihak yang akan
mengadakan acara, apakah itu berupa Company Event, Family Gathering dan
Tadabbur Alam, Expo & Bazaar, Talent & Artist Management,
Team Building / Outbound, atauppun Workshop. Dalam rencana
pembuatan konsep event, kami mengajak customer untuk kritis dengan apa yang sedang marak di
lingkungan kita, baik lokal, nasional, maupun global (update). Setelah tema
tercipta, maka kami akan memberikan penjelasan tentang perbedaan dalam konsep
tersebut dari event organizer yang lain.
“Kita harus berani melakukan eksperimen dalam pembuatan konsep yang berbeda, bahkan jika perlu
sesuatu yang belum pernah di bayangkan orang. Jelas itu sangat penting, karena
itulah Sabila Event selalu memiliki ide-ide kreatif. Kita tidak ingin
membuat suatu acara hanya sebatas acara biasa. Tetapi alangkah baiknya jika
acara tersebut dapat membuat kenangan tersendiri dan ada Sesuatu yang Bernilai didapatkan
oleh hadirin. Dari konsep inilah semua rancangan acara akan kita buat,” papar Umy Yusmaniar.
Umy mengingatkan,
Untuk menggelar acara dengan skala besar, pasti dibutuhkan biaya yang besar
untuk mengundang figur dengan nama yang cukup dikenal oleh orang banyak.
Disinilah Sabila Event bisa memanfaatkan network yang sudah terjalin
selama ini. Lewat relasi yang dimiliki, Sabila Event bisa membantu customer
dalam mendapat dukungan dana seperti sponsor dari berbagai kalangan.
Lebih lanjut Dirut
Sabila Event itu menjelaskan bahwa untuk menyelenggaran sebuah event yang
berkualitas, setidaknya diperlukan waktu 100 untuk proses riset lapangan,
perencanaan dan penentuan hari H penyelenggaraan. Adapun Proses Tahapan
Pembuatan Event, pada umumnya sebagai
berikut :
1. Mencari konsep yang kreatif.
2. Menuangkan konsep dalam suatu rancangan tertulis.
3. Membentuk tim untuk event yang akan di
selenggarakan.
4. Membicarakan konsep dengan tim dan membuat
skema aturan mainnya (Kerangka Pikiran), kemudian menyusunnya dalam bentuk
proposal.
5. Menentukan pihak-pihak yang akan terlibat
dalam event tersebut, dan membuat daftar tujuan proposal.
6. Menyebarluaskan proposal, dengan cara yang
tepat.
7. Melakukan follow up terhadap proposal, dan
memberikan batas waktu kepada calon sponsor.
8. Menghubungi seluruh supplier, pengisi acara,
reconfirm venue dan seluruh atribut pendukung lainnya. Seperti, perijinan,
keamanan dll.
9. Melakukan kontrak kepada semua pihak
10. Melakukan technical meeting dengan seluruh
pengisi/pendukung acara
11. Jika diperlukan melakukan konferensi pers
12. Melakukan publikasi
13. Merekruit sesuai dengan kebutuhan
14. Siap melakukan loading dan akhirnya eksekusi
Maka, pada dasarnya, kata Umy Yusmaniar, Sabila Event bukanlah sekadar penyelengara acara, namun kami adalah pemberi Solusi kepada berbagai pihak yang ingin mengadakan acara di dalam mapun di luar kota. Saat menggelar sebuah acara, Insya Allah, kami tidak hanya fokus pada keuntungan material semata. Namun kami juga menjalin relasi dan kemitraan dengan para costumer serta mengajak mereka untuk mengadakan penggalangan dana atau amal untuk Santunan Yatim- Piatu, Dhua’fa dan para Santri yang tidak mampu.
“Jadi,
Bisnis Sabila Event juga membawa misi Majelis Dakwah Al-Hikmah dalam membela
dan memberdayakan umat yang terpinggirkan dalam pembangunan. Dengan begitu,
selain sukses, acara yang Anda selenggarakan akan mendapat manfaat terhadap
orang lain yang sedang membutuhkan. Bantuan ini bisa disalurkan ke beberapa Pondok Pesantren dan Panti Asuhan yang kami
kelola di Cikarang, Solo, Jepara dan Jambi, atau juga untuk korban bencana
alam dan pihak lainnya yang butuh pertolongan,” pungkas Umy Yusmaniar. (az).
Komentar
Posting Komentar