Jakarta, JENIUSLINE.- Dunia Bisnis adalah arena Transaksi dan Negosiasi. Karena itu, Komunikasi adalah senjata utama yang dipakai setiap Pebisnis melakukan aktivitasnya. Komunikasi bisnis adalah kekuatan yang sangat penting dan cukup berpengaruh dalam setiap kegiatan Bisnis. Maka, tidak seperti pelajaran yang cukup dibahas dan dipelajari sekali atau satu periode saja, namun Anda harus terus update dan awas dengan kemajuan zaman agar kemampuan komunikasi bisnis terus berkembang dan mendukung bisnis Anda.
Jadi, kunci keberhasilan setiap perusahaan adalah karena pemimpinnya memiliki kemampuan komukasi yang baik. Sehingga terjalin hubungan internal yang harmonis. Baik itu dengan karyawannya maupun antar sesama pemimpin. Pemimpin yang baik adalah mereka yang tahu kapan, dimana, dan bagaimana cara berkomunikasidengan orang lain.
Apa yang kita ucapkan dan cara kita mengucapkan merupakan hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan dalam berkomunikasi. Para pemimpin hebat di pemerintahan, industri, dan pendidikan memiliki kecakapan tinggi dalam berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Untuk itu, Spiritual Business Consultant, berupaya membimbing Anda tentang Cara untuk Melakukan Komunikasi Yang Efektif dalam Bisnis.
Pada dasarnya, setiap orang yang berkomunikasi berarti memiliki sesuatu yang harus didengar dan dipahami oleh orang lain yang diajak berkomunikasi. Maka, Inti dari komunikasi adalah berbagi – menyediakan data , informasi dan pandangan yang menguntungkan Anda dan orang yang anda ajak berkomunikasi .
Untuk dapat mencapai tujuan itu, ada Tujuh prinsip yang harus diperhatikan, dipahami dan digunakan dalam berkomunikasi. Kehadiran Ketujuh prinsip ini dalam berkomunikasi akan sangat menentukan keberhasilan komunikasi Bisnis Anda :
1. Persiapkan apa yang akan kita katakan sebelum menyampaikan ide kepada kelompok dan perorangan.
Bicara dengan jelas dan jernih agar perkataan kita bisa dipahami dengan mudah. Bicara dengan antusias supaya pendengar tidak tertidur. Sadari bahasa tubuh kita. Persiapkan diri untuk menanggulangi rintangan yang mengacaukan komunikasi.
2. Prinsip Keterjalinan.
Sebelum berkomunikasi, orang yang akan berkomunikasi harus yakin bahwa dirinya terkoneksi dengan orang yang diajaknya berkomunikasi. Sebelum bicara, kita harus melihat kesiapan lawan bicara kita. Upayakan untuk tidak memulai pembicaraan jika dia belum siap karena isi pembicaraan kita cenderung tidak akan dipahaminya.
3. Prinsip Keterpahaman.
Tujuan orang berbicara adalah untuk dipahami. Pembicaraan yang gagal adalah pembicaraan yang isinya tidak dapat dipahami oleh lawan bicaranya. Untuk itu diperlukan beberapa syarat agar komukasi kita memenuhi prinsip keterpahaman.
Gunakanlah bahasa yang sama-sama dipahami, baik oleh pembicara maupun oleh lawan bicara. Jika lawan bicara kita tidak bisa berbahasa Sunda, janganlah kita berbahasa Sunda. Jika lawan bicara kita tidak bisa berbhasa Indonesia, janganlah berbahasa Indonesia. Pokoknya, gunakan Bahasa Kaum yang dikuasai oleh kita dan lawan bicara kita. Jika tidak, maka lawan bicara tidak akan paham maksud kita.
4. Mendengarkan Lawan Bicara
Dalam suatu forum, semua orang akan berbicara, tetapi tidak semua orang mendengarkan lawan bicaranya. Hal ini dapat menyakiti perasaan yang sedang berbicara dan dapat pula menimbulkan pertengkaran. Bayangkan saja jika Anda sedang berbicara dan tidak ada satu pun yang mendengar, bagaimana rasanya?
Setiap orang perlu didengarkan. Jadilah seorang pendengar yang baik agar Anda mampu menanggapi lawan bicara. Hal sebaliknya juga akan terjadi ketika Anda sedang berbicara, di mana orang lain akan mendengarkan dan meresponsnya dengan baik.
5. Hindari Memotong Pembicaraan
Ketika topik yang dibahas begitu menarik, tetap perhatikan waktu yang tepat untuk menyambung pembicaraan. Jangan sekali-sekali memotong pembicaraan orang lain karena kesannya tidak sopan.
Dengarkan lah sampai orang tersebut selesai berbicara. Kalaupun ingin memotong pembicaraan, usahakan mengacung jari terlebih dahulu. Jika diperkenankan berbicara, barulah berbicara.
6. Melakukan Kerja Sama.
Tujuan yang terakhir dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kerja sama antar kedua belah pihak. Dengan melakukan kerja sama yang baik antar kedua belah pihak, maka untuk bisa mencapai keberhasilan dalam bisnis menjadi lebih mudah.
Komunikasi dalam bisnis memang penting diterapkan dengan baik, sehingga lebih mudah dalam mencapai keberhasilan bisnis. Jika memang dirasa Anda kurang bisa berkomunikasi dengan baik, maka lebih baik Anda mulai belajar mengasah diri agar pandai dalam berkomunikasi.
7. Wiridkan Do’a Nabi Musa a.s.
"Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî."
Artinya: Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha, 25-28).
Dalam doa ini memiliki 3 makna atau 3 permintaan yakni yang pertama meminta dilapangkan dada karena segala kesusahan agar senantiasa sabar dan pasrah pada takdir Allah, kedua meminta dilenyapkan atau dihilangkan berbagai kesulitan dalam hidup dan yang ketiga adalah meminta dilancarkan segala urusan dengan diberi kemampuan bertutur kata yang baik hingga mudah dipahami oleh orang lain.
Akhirul Kalam, Komunikasi bisnis yang baik adalah bentuk Investasi yang tidak bisa diukur oleh uang, sehingga kamu harus lebih sabar untuk menuai hasilnya. Lakukan tujuh tips di atas dengan disiplin, maka kemungkinan bisnis kamu akan sukses, memiliki relasi yang kuat dan mempunyai lingkungan kerja yang nyaman akan lebih mudah terealisasi. (az).
Komentar
Posting Komentar